Perawatan Alat Bantu Dengar oleh Pengguna

Perawatan Alat Bantu Dengar oleh Pengguna

Dengan pemakaian dan perawatan yang baik dan benar, usia pemakaian alat bantu dengar Anda dapat mencapai 4-5 tahun. Kondisi alat yang selalu optimal pun dapat Anda rasakan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari Anda, hanya dengan melakukan beberapa hal simpel tentang penggunaan alat Anda, seperti berikut ini.

A. Membersihkan Alat Bantu Dengar Secara Rutin

Ibarat mobil atau motor yang jarang dicuci, warna cat dan karet-karetnya akan semakin pudar seiring waktu, dan akan terlihat pucat meskipun setelah dicuci.

Warna eksterior alat bantu dengar Anda juga akan menguning apabila jarang dibersihkan. Karena debu, kotoran telinga, dan kotoran lainnya akan menyerap ke dalam bahan eksterior alat bantu dengar Anda.

Kami menyarankan Anda untuk selalu membersihkan alat bantu dengar Anda, paling tidak setiap harinya sebelum tidur.

Hal termudah yang dapat dilakukan adalah menyiapkan tissue basah (yang mengandung disinfektan seperti alcohol swab), dan mengelap seluruh permukaan alat bantu dengar Anda dengan tissue tersebut, sebelum Anda tidur.

B. Selalu Menjaga Alat Bantu Dengar Dalam Kondisi Kering

Penggunaan alat bantu dengar yang memang diperuntukkan untuk digunakan setiap saat (kecuali saat Anda sedang tidur), membuatnya terpapar dengan keringat dan kelembapan oleh udara sekitar. Untuk menjaga kondisi alat bantu dengar Anda tetap kering, selalu simpan alat Anda pada sebuah dry box pada saat tidak terpakai.

Saat ini, terdapat 2 buah pilihan dry box yang dapat digunakan sebagai media penyimpanan alat bantu dengar:

  1. Dry box berisi butiran-butiran kecil (molecular sieve ataupun silica gel) yang dapat menyerap kelembapan.

    Dry box dengan butiran kecil ini mempunyai umur pemakaian selama (kurang lebih) 6 bulan sebelum Anda harus menggantinya. Apabila warna butiran-butiran kecil di dalamnya sudah berubah, menandakan bahwa butiran tersebut sudah tidak dapat lagi menyerap kelembapan di sekitarnya.
  2. Dry box elektrik dengan sinar ultraviolet (UV) yang akan membunuh kuman pada alat bantu dengar Anda, dan juga sekaligus mengeringkannya.

    Dry box dengan sinar UV ini tidak membutuhkan perawatan khusus, dan dapat dipakai terus menerus tanpa adanya penggantian apa pun. Apabila Anda termasuk orang yang sangat menjaga kebersihan pada barang sehari-hari Anda, kami menyarankan Anda untuk memilih dry box dengan sinar UV ini.

Sebagian besar alat bantu dengar keluaran terbaru (model BTE dan RIC) sudah tersertifikasi tahan air dengan rating IP68, yaitu rating tertinggi untuk ketahanan terkena / terendam air. Namun begitu, alat bantu dengar Anda akan tetap terpapar keringat yang dapat masuk ke dalam komponen alat bantu dengar Anda.

Air keringat adalah air yang bersifat asin, seperti layaknya air garam. Hal tersebut dapat merusak lapisan anti air (nano-coating) pada komponen alat bantu dengar Anda. Air keringat yang masuk ke dalam alat Anda tersebut, juga dapat menyebabkan pertumbuhan jamur apabila dibiarkan begitu saja.

C. Menghindari Benturan dan Suhu Panas

Seperti layaknya alat elektronik lainnya, benturan yang keras dapat menyebabkan alat bantu dengar Anda bermasalah. Umumnya, masalah ini seringkali dialami oleh Anda yang baru pertama kali memakai alat bantu dengar, terutama untuk Anda yang memilih untuk memiliki alat berukuran kecil.

Kami menyarankan agar Anda selalu memasang dan melepas alat bantu dengar pada tempat yang aman apabila alat Anda terlepas dari tangan Anda. Paling tidak, sampai Anda sudah terbiasa dengan alat Anda tersebut.

Selain itu, Anda juga harus selalu menjauhkan alat bantu dengar Anda dari paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama. Suhu yang terlalu panas dapat merusak komponen elektronik di dalam alat Anda.

D. Melepas Baterai Saat Alat Bantu Dengar Tidak Dipakai

Hampir seluruh alat bantu dengar keluaran terbaru, tidak memiliki tombol untuk menghidupkan ataupun mematikan alat. Untuk menghidupkannya, Anda hanya perlu memasukkan baterai ke dalamnya. Begitu pula untuk mematikannya, Anda hanya perlu mengeluarkan baterai dari alat bantu dengar Anda.

Dikarenakan hal tersebut, apabila baterai tidak dilepas pada saat alat Anda tidak sedang dipakai, maka alat Anda akan menyala terus menerus. Hal tersebut dapat menyebabkan alat Anda bekerja tanpa henti sepanjang hari, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen di dalamnya. Selain itu, umur pemakaian baterai Anda akan berkurang secara signifikan.


Apabila Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut mengenai tata cara pemakaian dan perawatan alat bantu dengar, Anda dapat menghubungi kami dan kami akan dengan senang hati menjelaskannya kepada Anda.

Kami juga menyarankan Anda untuk melakukan perawatan berkala pada alat bantu dengar Anda selama 3 bulan sekali, atau setidaknya 6 bulan sekali.

Share:
Artikel Pendengaran

Program free trial untuk mencoba Alat Bantu Dengar terlebih dahulu, sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.
Selengkapnya...

Membeli alat bantu dengar tidak sesimpel memilih barang mana yang Anda sukai.
Selengkapnya...

Karena kebutuhan setiap orang yang memerlukan alat bantu dengar berbeda-beda, solusinya pun juga berbeda.
Selengkapnya...

Home Visit & Appointment

021-2920-6357
Whatsapp / Telegram:
0811-9120-066
0811-9959-326